Sikap yang seharusnya Kita Tunjukkan Jika Idola Datang ke Indonesia

By | Agustus 18, 2017

Kemarin, berita tak menyenangkan datang dari leader Girls’ Generation.

Taeyeon yang datang mengunjungi Indonesia untuk mengahadiri konser Countdown Asian Games 2018 sore nanti mendapatkan perlakuan tak baik saat menginjakkan kaki di Bandara Soekarno Hatta.

Perempuan mungil ini dikabarkan terdesak oleh keramaian di bandara hingga terjatuh dan menangis, ia juga merasa diperlakukan kurang hormat dengan tiba tiba dipegang dan disentuh pada bagian tubuh pribadinya.

Tak hanya Taeyeon, beberapa nama idola seperti Sungjae BTOB dan iKON pun mendapatkan perlakuan tak baik yang serupa. Indonesia sebagai tuan rumah harus menanggung kecaman yang tak diinginkan bahkan saat HUT kemerdekaannya yang ke-72.

Lalu bagaimana sikap yang harus ditunjukkan seorang fans saat melihat seorang idola tiba ke Indonesia?

1. Menahan diri

Semua pasti merasa bersemangat saat melihat sang idola ada di depan mata. Tapi seberapa bersemangatnya kita sebagai penggemar, kita harus ingat bahwa idola juga manusia. Tahan emosi kita yang meledak-ledak dan biarkan idola kita berjalan dengan baik dalam perjalanannya. Bersikaplah tertib saat bertemu dengan idola

2. Tahan diri, tahan juga emosi orang awam

Sebagai penggemar, kami yakin kalian ingin idola kalian selamat dan merasa nyaman saat berada di negara kalian. Jika kalian sudah berhasil menahan diri kalian, buatlah sebuah barikade untuk menahan orang awam yang tak paham bahwa idola juga butuh jarak privasi saat di tempat umum seperti bandara.

3. Jaga Jarak

Alangkah baiknya, jika kita memang ingin mengabadikan momen kedatangan idola di depan mata, ambil foto atau video dari jarak aman yang tidak mengganggu sang idola. Ponsel saat ini sudah sangat canggih sehingga bisa menangkap kualitas gambar yang baik meski dari jarak jauh, apalagi kamera digital ataupun profesional.

4. Ramah dan Sopan

Jika kalian bertemu sang idola dalam keadaan yang memungkinkan kalian untuk berkomunikasi dengannya, mintalah izin untuk memotret atau merekam mereka. Bersikaplah ramah dengan menanyakan kesediaan mereka untuk diambil gambarnya.

5. Hargai privasinya

Idola kalian kesini memang terkadang dalam rangka untuk bekerja. Namun ada saat-saat dimana mereka ingin santai ketika makan, beristirahat di hotel, atau sekedar membeli minum ke mini market. Jangan menjadi stalker yang terus mengikuti kegiatan pribadi mereka. Jika ingin mengambil gambar, ingatlah pada poin keempat.

6. Minta maaf

Jika terlanjur memperlakukan idola dengan tidak baik, meski bukan kalian yang memperlakukan seperti itu, jadilah perwakilan yang baik dengan meminta maaf kepada idola yang bersangkutan dan berhenti untuk saling menyalahkan.

Idola tetap manusia dan bisa merasa marah dan tak nyaman, tapi percayalah mereka tidak akan mengamuk di depanmu dan menahan emosi mereka di dalam hatinya karena ada imej yang harus mereka jaga sebagai public figure. Oleh karena itu, karena mereka tak bisa mengungkapkan kekesalan atau ketidaknyamanan mereka dengan mudah, lebih baik sebagai ‘tuan rumah’, kitalah yang meminta maaf duluan pada sang idola.

Masih banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai fans dari seorang idola. Yang pasti, siapapun idolanya, sebagai bangsa Indonesia yang terkenal dengan keramahannya, jagalah pamor bangsa kita dengan berperilaku sesuai etika bangsa ketika idola mengunjungi tanah air kita. Jangan saling menyalahkan, jaga sikap dan perilaku agar sang idola paham bahwa Indonesia adalah negara yang pantas untuk mereka kunjungi berkali-kali.

AL
Source : ©KSense

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.