Eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran

By | Agustus 22, 2017

Eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran – Tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Afrika jika ingin menyaksikan eksotisme padang savananya. Taman Nasional Baluran adalah salah satu pilihan terbaik untuk berlibur bersama keluarga dengan pemandangan ala Afrika yang ada di Pulau Jawa, tepanya di Jawa Timur. Wisata alam ini adalah kawasan dengan iklim kering yang ada di Indonesia. Kondisi alam yang ada disekitarnya sangat beragam. Mulai dari pantai yang mempesona hingga padang savana yang menakjubkan.

Lokasinya di Jawa Timur tepatnya di 4 kabupaten. Taman Nasional ini juga dikelilingi beberapa gunung serta selat yang mengapit di sisi timur dan utaranya. Pemandangan alam yang mempesona tentunya menjadi daya tarik tersendiri di taman nasional ini. bagi yang mencari wisata alam dengan pemandangan yang tak biasa, Taman Nasional ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Jika anda penasaran ingin merasakan sensasi ala Afrika di Pulau Jawa berikut ini beberapa ulasannya tentang wisata Taman Nasional Baluran.

Wisata Taman Nasional Baluran

  1. Lokasi dan akses
    wisata taman nasional baluran

Wisata alam ini berada 4 kabupaten yaitu Banyuwangi Utara, Banyuputih, Wongsorejo dan Situbondo. Dibagian utaranya langsung berbatasan dengan Selat Madura dan sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali. Ditengah taman nasional ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi serta diapit oleh Gunung Semeru dan Gunung Ijen. Tak ayal pemandangan alam disekitarnya sangat mempesona karena kondisi geografisnya memiliki keunikan demikian. Selain itu untuk aksesnya anda bisa mengambil jalur pantai utara melewati Pasuruan, kemudian sampai di Banyuputih, atau bisa melewati jalur Banyuwangi-Batangan kemudian berakhir di Bekol.

  1. Pemandangan Alam Taman Nasional Baluran
    Pemandangan Alam Taman Nasional Baluran

Destinasi wisata ini akan mengingatkan kita pada padang savana yang ada di Afrika. Kawanan rusa yang berlarian dipadang savana serta berbagai satwa asli yang berkeliaran bebas disini adalah daya tarik utama taman nasional ini. selain itu pemandangan 444 spesies tumbuhan asli taman nasional melengkapi keindahan suasana taman nasional ini. tempat wisata ini merupakan perwakilan ekosistem hutan kering yang ada di Pulau Jawa dengan kelembapan udara dengan tingkat 77 persen.

Jangan Lupa Baca Eksotisme Wisata Alam Madiun Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi

  1. Kegiatan di Taman Nasional Baluran
    Kegiatan di Taman Nasional Baluran

Bagi yang suka fotografi anda bisa memulai perjalanan pad pagi hari karena matahari terbit merupakan pemandangan yang sangat menarik diabadikan. Selain itu spot yang cocok untuk menikmati sunrise terdapat di Pantai Bawa yang memiliki kawasan konservasi hutan mangrove. Selain menikmati sunrise anda bisa berkeliling menyewa perahu menyusuri indahnya pantai Bawa dan bersnorkeling menikmati ragam biota lautnya yang menarik. Selain itu sensasi menjelajah padang savana sayang dilewatkan ketika berlibur ke tempat wisata ini.

Jangan Lupa Baca Juga Pantai Papurna di Jember

  1. Tips Liburan ke Taman Nasional Baluran

Bagi yang ingin berkunjung, waktu terbaik adalah Maret-Agustus karena pada bulan-bulan ini anda bisa menyaksikan berbagai jenis binatang dipadang savana. Selain itu anda bisa membawa tenda untuk berkemah disekitrnya karena instalasi air juga sudah dibangun secara baik. dilarang keras berburu flora dan fauna disekitar taman nasional dan disarankan membawa perbekalan sendiri karena belum tersedia fasilitas kuliner disekitarnya.

Itulah beberapa ulasan tentang destinasi wisata Taman Nasional Baluran. Jadi tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Afrika untuk menikmati indahnya padang savana, karena di Taman Nasional ini anda bisa menikmati suasana yang serupa.

One thought on “Eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran

  1. Pingback: Desa Dan Objek Wisata Pantai Sawarna Lebak Banten - Knet Indo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.